Saturday, 18 April 2015

Pertanian Organik

Kompleknya permasalahan pertanian, baik dari faktor pemupukan maupun dari segi pengendalian hama dan penyakit, menggugah kami untuk membangun jaringan Klinik Pertanian Organik. KPO KL, kami kembangkan untuk menjembatani problematika dibidang pertanian yang selama ini menjadi kendala dalam rangka meningkatkan produktifitas hasil pertanian. KPOKL ini kami bentuk, juga sebagai forum bertukar pengalaman dan informasi permasalahan pertanian secara umum. Bentuk klinik ini, kami anggap perlu karena seperti halnya untuk masalah kesehatan manusia , telah banyak tempat untuk perawatan, baik itu berbentuk rumah sakit, klinik kesehatan atau hanya berupa praktek dokter pribadi. Sedangkan untuk masalah” kesehatan” tanaman, pada umumnya petani belum mempunyai tempat/klinik untuk perawatan tanamannya. Apabila mendapatkan permasalahan pada tanamannya petani pada umumnya, langsung pergi ke ‘TOKO OBAT’, membeli obat/pestisida TANPA MENDIAGNOSA TERLEBIH DAHULU, secara akurat, apa sebenarnya yang terjadi pada tanamannya.
Menurut hemat kami, sudah saatnya petani memberikan terapi masalah anamannya, bukan dengan perkiraan semata atau hanya ikut-ikutan/latah karena melihat langkah petani lainnya. Dalam hal ini kami merasa terpanggil untuk berbagi ilmu dan mentransfer tehnologi dibidang pertanian, khususnya dibidang “KESEHATAN TANAMAN”. Inilah salah satu alasan mengapa kami membentuk KLINIK PERTANIAN ORGANIK.

Adapun alasan kami mencantumkan kata ORGANIK, adalah karena ternyata masalah kesehatan, baik itu pada manusia ataupun pada tanaman, erat sekali hubungannya dengan pola makan yang bersumber dari makanan yang bersifat ORGANIK/ALAMI. Kesadaran untuk mengkonsumsi makanan yang alami pada manusia, sudah sering kita lakukan. Dalam keseharian kita sering menghindari makanan yang berbahan kimia, seperti halnya bahan makanan berpengawet, zat pewarna makanan dari bahan kimia, gula buatan atau bahkan sayuran yang mengandung pestisida kimia. Kita tentunya menyadari betul efek dari bahan makanan yang berbahan dasar kimia tersebut. Antara lain akibatnya adalah, PENYAKIT KANKER…. Namun hal ini belum dilakukan pada bidang pertanian, entah disadari atau tidak, oleh petani , tanaman masih saja secara terus menerus “dicekoki” dengan makanan/PUPUK YANG BERASAL DARI PUPUK KIMIA.


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan relevan terimaksih

Copyright © 2012 z-inc blog All Right Reserved
Blog z-inc blog