Contact

Sunday 7 August 2016

Kerajinan Kulit Jadi Sentra Industri Sukaregang Garut

Selama ini Garut identik dengan cemilannya yaitu dodol garut yang sudah cukup terkenal di kalangan wisatwan, padahal Garut juga menjadi sentra industri kerajinan kulit.
Garut adalah salah satu produsen jaket kulit terbaik di Indonesia. Produk jaket kulit di Garut dihasilkan dari pusat peternakan domba yang tersebar di seluruh Kabupaten Garut.
Sukaregan menjadi sentra kerajinan kulit di kota Garut, Bermula ketika tahun 70-an, daerah Sukaregang hanya dihuni oleh beberapa perajin kulit. Tapi, karena kualitas dan harga yang terjangkau, masyarakat pun memilih produk yang dihasilkan para perajin yang berada di Jalan Gagak Lumayang ini. Hal tersebut berimbas dengan semakin banyaknya perajin yang membuka kios dan toko di area Sukaregang. Sentra kerajinan jaket kulit ini sudah cukup terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Ini bisa dilihat dari banyaknya produk jaket kulit Garut yang diekspor ke luar negeri. Desain dan motif yang digunakan pada jaket kulit Garut sangat beragam dan modern. Tidak monoton itu-itu saja, jadi selalu menarik untuk dilihat dan dibeli.
Saat memasuki kawasan Sukaregang, Anda akan melihat ada banyak jejeran toko yang menjual jaket kulit. Mulai jaket laki-laki, perempuan, dewasa dan anak kecil ada di sini. Model yang ditawarkan pun bervariasi. Pasti membuat pengunjung bingung untuk memilih.
Aneka produk buatan Sukaregang baik jaket atau pun aksesoris lainnya seprti Jual dompet kulit, tas kulit dan sabuk memang 100 persen kulit asli, soal harga tergantung jenis barang, ketebalan, dan modelnya. Sebagai contoh, untuk aksesoris seperti tas dari kulit dikenai harga mulai dari Rp 80.000.
Kualitas produk-produk yang dihasilkan para perajin di daerah ini dapat disejajarkan dengan produk dari luar negeri. Bahkan, produk para perajin Sukaregang sudah tersebar ke penjuru nusantara hingga ke mancanegara seperti Korea, Hongkong, dan Jepang.
Tips bagi Anda yang ingin berbelanja aneka produk kulit di Sukaregang dompet kulit garut, jaket kulit garut,tas kulit dan lain-lain, jangan takut menanyakan jenis bahan yang digunakan. Beberapa pedagang di area ini membuat produk dengan bahan kulit imitasi yang kualitasnya mirip dengan kulit asli. Bahkan, Anda pun dapat membuktikan keaslian bahan yang digunakan dengan membakar produk yang ingin dibeli. Jika produk tersebut tidak terbakar atau tidak meleleh, bisa dipastikan produk tersebut dibuat dari kulit asli. Hal ini lazim dilakukan para pedagang di kawasan ini, jadi jangan takut untuk mencobanya.

2 komentar:

  1. artikelnya bagus... terimakasih for share.. referensi info belanja bagus nich di cek yu Jual dompet kulit garut

    ReplyDelete
  2. thanks for your info... berbagi referensi tempat belanja yaaa.. Jual dompet kulit garut trims :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan relevan terimaksih

Copyright © 2012 z-inc blog All Right Reserved